Alasan dana darurat perlu disiapkan sejak dini.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

Wajib Disiapkan Sejak Dini, Ini Alasan Dana Darurat Penting & Berapa Besarnya

Kamis, 11 November 2021 - 08:52 WIB

Jakarta - Di tengah meningkatnya literasi finansial masyarakat, salah satu yang menjadi topik hangat adalah mengenai kesadaran akan pentingnya perencanaan terhadap dana darurat, khususnya pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dana darurat merupakan alokasi uang yang digunakan untuk keperluan di saat keadaan genting yang tidak dapat diprediksi, baik disebabkan oleh bencana atau hal lain yang bisa menganggu arus kas dalam perencanaan keuangan kita.

Dengan demikian, dana darurat merupakan salah satu pos wajib di dalam kehidupan kita, pasalnya dana darurat akan menjadi sumber dana dalam menghadapi kondisi yang tidak terduga seperti biaya hidup selama mencari pekerjaan baru setelah terkena PHK, biaya pengobatan, biaya perawatan pasca kecelakaan, ataupun kondisi lainnya.

Buat kamu yang belum memiliki ataupun merencanakan dana darurat, ini alasan kenapa harus memiliki dana darurat sejak dini. Apa saja alasannya? Yuk simak dibawah ini:

1. Membiayai kebutuhan saat mendesak
Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja, misalnya pada saat pandemi seperti sekarang kebutuhan mendesak bisa jadi diperlukan untuk membiayai penanganan kesehatan ataupun menjadi pengganti pendapatan yang hilang.

Pada masa di luar pandemi pun, kemungkinan kebutuhan mendesak pun tidak akan hilang. Oleh karena itu dengan adanya dana darurat, kamu bisa segera membiayai kebutuhan tersebut tanpa pusing.

2. Mencegah utang
Dana darurat yang kamu miliki dapat membantumu dalam mencegah atau menambah utang, sehingga kamu tidak perlu lagi repot meminjam uang guna memenuhi kebutuhan karena ekonomi yang sulit.

Dengan tidak menambahnya utang, artinya kamu bisa terbebas dari kewajiban membayar bunga utang yang tentunya bisa memangkas besar pendapatan sehari-hari.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:32
16:52
01:55
01:09
03:04
01:55
Viral