Ilustrasi kekeringan di lahan pertanian.
Sumber :
  • Pexels

Ribuan Pompa Air Disiapkan untuk Hadapi Musim Kemarau, DKPP Bantul Berharap Pengairan Irigasi Sawah Padi Tetap Terjaga

Kamis, 30 Mei 2024 - 10:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menghadapi musim kering, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan ribuan pompa air bagi para kelompok tani.

Lebih dari 5 ribu pompa air telah disiapkan sebagai antisipasi kesulitan irigasi di lahan pertanian atau sawah menghadapi musim kemarau yang mulai datang.

"Kita lihat iklim cuaca saat ini untuk hujan sudah hampir tidak ada, dan sudah menghadapi musim kemarau, untuk mengantisipasi musim ini kita menyiapkan pompa-pompa air," kata Kepala DKPP Bantul Joko Waluyo di Bantul, Kamis (30/5/2024).

Joko Waluyo mengatakan, sekarang ini di wilayah Kabupaten Bantul masih terdapat lahan lahan pertanian atau sawah yang baru ditanami padi, karena di Kabupaten Bantul itu tiap bulan ada panenan, juga tiap bulan ada tanaman padi.

Menurut dia, setidaknya ada lahan pertanian seluas 5.000 sampai 6.000 hektare di seluruh wilayah Bantul yang ditanami padi dan sedang masa pertumbuhan pada musim tanam kedua pada tahun 2024.

"Dan kita punya pompa air itu sebanyak 5.190 unit, karena ada tambahan bantuan terus dari pemerintah, harapan kami di daerah daerah lahan pertanian kalau kemarau panjang bisa menaikkan sumber air yang ada dengan pompa itu," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral