Pusat Data Nasional Terganggu Sejak Kamis, Sistem keimigrasian di Bandara Ngurah Rai Bali Mulai Berangsur Pulih.
Sumber :
  • Antara Foto

Pusat Data Nasional Terganggu Sejak Kamis, Sistem keimigrasian di Bandara Ngurah Rai Bali Mulai Berangsur Pulih

Minggu, 23 Juni 2024 - 17:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Gangguan pada Pusat Data Nasional (PDN) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak Kamis (20/6/2024) akhirnya mulai terurai. Layanan sistem keimigrasian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali hari ini mulai berangsur pulih. 

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali menyatakan sistem keimigrasian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, meski harus dilakukan secara manual dan digital.

"Kami berikan layanan imigrasi dengan baik melalui kombinasi layanan manual dan digital," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Bali Pramella Yunidar Pasaribu saat meninjau layanan keimigrasian di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (23/6/2024).

Pramella Yunidar menjelaskan sebagian besar layanan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Ngurah Rai sudah mulai kembali beroperasi, seperti layanan paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan. Selain itu, layanan imigrasi otomatis atau autogate juga berangsur pulih.

Selanjunya, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan memastikan kelancaran layanan, menurut Pramella Yunidar,  TPI Ngurah Rai masih menerapkan kombinasi layanan manual dan digital. "Itu dilakukan untuk meminimalkan antrean dan memastikan semua penumpang dapat terlayani dengan baik," katanya.

Pramella Yunidar juga memastikan petugas imigrasi di TPI Ngurah Rai telah disiagakan untuk melayani para pengguna jasa dengan maksimal sehingga proses pemeriksaan keimigrasian dapat berjalan lancar dan mencegah antrean panjang.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama gangguan sistem. Kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan sistem keimigrasian secara menyeluruh dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Pramella Yunidar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral