Komisi VII DPR Cek Pembangunan PLTS di IKN, Pemerintah Sudah Bangun Pembangkit Berkapasitas 10 Megawatt dari Target 50 Megawatt.
Sumber :
  • Antara Foto

Komisi VII Cek Pembangunan PLTS di IKN, Pemerintah Sudah Bangun Pembangkit Berkapasitas 10 Megawatt dari Target 50 Megawatt

Senin, 24 Juni 2024 - 14:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sesuai dengan konsep green city atau kota hijau, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dilakukan dengan mengedepankan energi baru terbarukan (EBT). Untuk memenuhi kebutuhan energi, pemerintah telah menargetkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 Megawatt di IKN. 

Untuk memantau pembangunan energi baru terbarukan (EBT) di IKN, Komisi VII DPR RI  melakukan kunjungan kerja ke IKN, di Kalimantan Timur. Komisi yang membidangi energi, riset dan teknologi serta lingkungan hidup ini memantau komitmen pembangunan IKN sebagai kota hijau. 

“IKN ini kami cek apakah betul membangun dengan konsep-konsep tersebut (green city) dilaksanakan," kata Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Dari hasil pemantauan, Komisi VII DPR RI menemukan bahwa progres tahap pembangunan PPLTS di IKN telah berjalan sebesar 10 Megawatt, atau sekitar 20 persen dari total target pemerintah sebesar 50 Megawatt.

Lebih lanjut Sugeng menegaskan bahwa pembangunan IKN dengan konsep kota pintar (smart city) dan kota hijau merupakan komitmen bersama, terlebih dalam pemanfaatan energi terbarukan sebagai bagian dari komitmen Indonesia dalam konteks net zero emission.

Progres IKN

Lebih lanjut Sugeng Suparwoto menjelaskan, dalam kunjungan tersebut, Komisi VII juga menyinggung soal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang dinilai pihaknya sangat penting dalam pembangunan IKN.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral