Saat Dana Asing Keluar Dari Pasar Saham Rp20 Triliun di 2024, Jumlah Investor Lokal di Bursa Efek Indonesia Ternyata Naik 836 Ribu SID.
Sumber :
  • Antara Foto

Saat Dana Asing Keluar Dari Pasar Saham Rp20 Triliun di 2024, Jumlah Investor Lokal di BEI Ternyata Naik 836 Ribu SID

Rabu, 26 Juni 2024 - 08:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Di tengah aksi jual besar - besaran investor asing yang sudah mencapai Rp20 triliun, minat investor lokal untuk masuk ke pasar saham ternyata tidak surut. Sepanjang tahun 2024, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat terdapat penambahan 836 ribu SID (single investor identification/SID). 

Sekretaris Perusahaan BEI Kautsar Primadi Nurahmad mengungkapkan bahwa pihaknya mencatat jumlah investor di pasar modal Indonesia sudah mencapai 13 juta SID atau investor, baik di pasar saham, obligasi ritel, hingga reksa dana. 

"Sementara itu, jumlah invesotor saham Indonesia telah mencapai 5,7 juta SID," jelas Kautsar dalam keterangan tertulis yang dirilis di Jakarta, Rabu (26/6/2024). 

Dia menyebut bahwa kenaikan jumlah investor saham ini ditopang oleh berbagai kegiatan edukasi dan promosi yang dilakukan oleh BEI bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bekerja sama dengan berbagai komunitas.

Selain itu, Kautsar menyebut pengenalan aplikasi IDX Mobile sebagai referensi dalam berinvestasi telah menjadi pendorong signifikan dalam pertumbuhan jumlah investor Pasar Modal Indonesia.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik berharap agar masyarakat luas dan calon investor dapat memahami informasi serta mekanisme perdagangan yang ada sekaligus meningkatkan literasinya akan pasar modal. 

“Masyarakat dan calon investor diharapkan bisa mendapatkan pemahaman yang cukup baik, sehingga saat menjadi investor bisa mengambil keputusan investasi secara rasional. Tentunya hal tersebut didasari dengan data dan informasi akurat serta dapat diandalkan melalui berbagai fasilitas yang BEI sediakan, seperti IDX Mobile dan Website” ujar Jeffrey.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
24:57
03:45
05:02
00:55
02:42
01:01
Viral