Ilustrasi geliat ekonomi di pesisir Pulau Pasaran Bandar Lampung..
Sumber :
  • Antara

Pertumbuhan Ekonomi Pulau-Pulau Kecil Indonesia Perlu Digenjot, Bappenas Ungkap 3 Strategi Pokok Pemerintah

Kamis, 27 Juni 2024 - 10:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di pulau-pulau kecil Indonesia harus didorong.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Kelautan dan Perikanan Kementerian PPN/Bappenas Mohamad Rahmat Mulianda dalam National Workshop: Small Islands and Blue Economy Development Context yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu kemarin.

“Kita perlu mengembangkan paradigma archipelago. Jadi, bagaimana menjadikan kawasan kita sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang riil untuk pertumbuhan nasional,” katanya dilansir dari Antara, Kamis (27/6/2024)l.

Mewakili Bappenas, Rahmat Maulinda memaparkan beberapa pokok penting strategi pengelolaan pulau-pulau kecil.

Pertama, implementasi konsep ekonomi biru dalam kebijakan nasional dan lokal. Konsep tersebut perlu berfokus pada aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi kepulauan.

Kedua, pembangunan infrastruktur, konektivitas antarpulau, dan peningkatan layanan dasar. Hal itu mencakup pembangunan yang terintegrasi, peningkatan transportasi dan komunikasi antarpulau, serta penyediaan layanan dasar berkualitas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:58
17:49
36:03
01:21
02:08
05:49
Viral