Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita meninjau proses pembuatan bahan baku dari perusah an yang bergerak di bidang bioteknologi di Kendal, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Antara

Mengintip Prospek Bisnis Mikroalga di Kendal Jawa Tengah, Menperin Agus Gumiwang Ungkap Alga Bisa Jadi Bahan Obat hingga Bahan Bakar

Sabtu, 29 Juni 2024 - 12:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.comMenteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong pengembangan bioteknologi berbasis tumbuhan alga kecil (mikroalga).

Mengingat bahan baku mikroalga melimpah di Tanah Air, proyek pengembangan bioteknologi bisa memberikan nilai tambah perekonomian yang tinggi.

"Mikroalga sangat prospektif untuk dikembangkan di indonesia karena didukung oleh kondisi lingkungan yang memadai,” ujar Menperin Agus Gumiwang dikutip dari Antara, Sabtu (29/6/2024).

Menteri Agus Gumiwang menjelaskan, salah satu upaya pengembangan bioteknologi mikroalga di Indonesia telah diinisiasi oleh perusahaan Evergen Resources yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah.

Perusahaan itu mengolah mikroalga Haematococcus pluvialis yang dapat menghasilkan astaxanthin atau zat yang berguna sebagai pelindung dari oksidasi polyunsaturated fatty acids (PUFA) yang dapat meningkatkan respons imun, dan menjaga dari efek negatif sinar ultraviolet.

Ia menjelaskan produk tersebut memiliki antioksidan tinggi yang bisa diaplikasikan pada produk suplemen kesehatan, obat-obatan, kosmetik, makanan dan minuman, serta produk pakan ternak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:58
17:49
36:03
01:21
02:08
05:49
Viral