OJK Minta Generasi Muda Waspadai Kejahatan Digital di Sektor Keuangan, Ternyata Modusnya Beragam; Mulai Dari Sosial Engineering Hingga Undangan Digital.
Sumber :
  • Antara Foto

OJK Minta Generasi Muda Waspada Kejahatan Digital, Modusnya Beragam Mulai Dari Sosial Engineering Hingga Undangan Digital

Minggu, 30 Juni 2024 - 15:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan generasi muda untuk selalu mewaspadai kejahatan digital di sektor keuangan. Literasi keuangan yang memadai bagi generasi muda dinilai sangat penting untuk mengantisipasi modus - modus kejahatan di sektor keuangan. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Eksektif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Minggu (30/6/2024). 

"Generasi muda sebagai kelompok masyarakat yang melek secara digital harus mewaspadai maraknya kejahatan finansial berbagai modus kejahatan digital yang sering terjadi di masyarakat," kata Friderica.

Memasuki era digitalisasi dan perkembangan teknologi, saat ini terdapat beberapa risiko yang muncul dan berpotensi merugikan masyarakat di sektor keuangan melalui keamanan siber (cyber security dan data pribadi). 

Ragam atau modus kejahatan di sektor finansial, jelas Friderica, sangat bervariasi. Mulai dari social engineering (soceng), dimana pelaku melakukan tindakan manipulasi psikologis terhadap korban, setelah mendapatkan data informasi pribadi yang bersangkutan melalui jejaring sosialnya. 

Selain itu, terdapat aksi phising atau tindakan memancing korban melalui situs palsu, file APK, hingga undangan digital. Terakhir, terdapat juga modus pencurian informasi keuangan melalui ATM (anjungan tunai mandiri). 

Literasi Keuangan

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:04
01:27
01:32
03:26
07:52
18:08
Viral