Ilustrasi - PLN menjamin seluruh kelistrikan di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan berbasis energi hijau dan teknologi digital..
Sumber :
  • Istimewa

Gandeng Singapura, PLN Pastikan Kelistrikan di IKN Berbasis Energi Hijau dan Teknologi Digital: Ada PLTS hingga Manfaatkan Energi Hidro

Minggu, 30 Juni 2024 - 18:17 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - PT PLN (Persero) memastikan seluruh pembangkit listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN) nantinya berasal dari energi ramah lingkungan.

Tak hanya itu, PLN juga menjamin bahwa sumber listrik di IKN yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan berbasis digital.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan ahwa saat ini sudah ada Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang telah dibangun di IKN, hasil kerja sama PLN Nusantara Power dengan perusahaan asal Singapura, Sembcorp.

"Dari total 50 megawatt yang akan selesai pada akhir 2024, saat ini sudah beroperasi sebesar 10 megawatt. Kami juga akan terus memanfaatkan potensi hidro yang ada di Kalimantan untuk menambah pasokan listrik hijau di sini," kata Darmawan Prasodjo, dikutip Minggu (30/6/2024).

Dirut PLN itu juga menyampaikan bahwa seluruh jaringan listrik di IKN akan dibangun di bawah tanah. Hal itu dimaksudkan sebagai bagian dari tata kota yang lebih rapi, handal dan indah.

"Kami bangun smart transmission, smart distribution sampai smart meter ke setiap pelanggan. Dengan listrik 100 persen dari EBT (energi baru terbarukan), seluruh sistem kelistrikan akan beroperasi dalam smart grid," imbuh Darmawan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
08:04
01:27
01:32
03:26
07:52
Viral