Menkes Budi Gunadi Sadikin mengakui banyak masalah pada tata kelola obat-obatan di Indonesia sehingga menyebabkan mahalnya harga obat..
Sumber :
  • Kemenkes

Kacau! Menkes RI Akui Ada Banyak Masalah Tata Kelola Obat dan Alkes, Harga Obat Saja 500 Persen Lebih Mahal dari Malaysia: Bagaimana Menjelaskannya?

Selasa, 2 Juli 2024 - 13:02 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui banyak terjadi masalah pada  urusan tata kelola obat-obatan dan alat kesehatan di Indonesia.

Hal itu diakui Menkes Budi Gunadi Sadikin setelah dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk rapat internal di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Rapat bersama Presiden Jokowi dan Menperin tersebut yang membahas tentang industri alat kesehatan dan obat-obatan.

Pasalnya, harga obat di Indonesia bisa 300 hingga 500 persen lebih mahal dari Malaysia. Perbedaan harga obat yang tidak masuk akal dibandingkan negara lain itu salah satunya karena inefisiensi perdagangan.

"Tadi disampaikan bahwa perbedaan harga obat itu 3 kali, 5 kali dibandingkan dengan di Malaysia misalnya. 300 persen kan, 500 persen," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Menkes menyampaikan, mahalnya harga obat di Indonesia tidak serta merta disebabkan oleh pajak. Lebih dari itu, harga obat yang bisa lima kali lipat lebih mahal dari negara tetangga diduga karena ada inefisiensi perdagangan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
29:27
02:15
02:28
01:26
01:32
05:05
Viral