Presiden Jokowi dan sejumlah Menteri meresmikan pabrik sel baterai dan kendaraan listrik di PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power Green Power di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Dibanggakan Jokowi, Luhut, hingga Bahlil, Ini Fakta Pabrik Sel Baterai Pertama dan Terbesar Asia Tenggara yang Ada di Karawang: Biayanya Melebihi Proyek IKN

Rabu, 3 Juli 2024 - 14:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri baru saja meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

Ekosistem baterai dan kendaraan listrik PT HLI tersebut memiliki tiga fasilitas produksi utama, yakni pabrik sel baterai, battery pack, dan pabrik perakitan mobil Hyundai Kona Electric.

Oleh karena itu, tidak heran jika Presiden Jokowi, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia membanggakan proyek tersebut.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi menyebut bahwa peresmian ekosistem baterai dan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) menjadi tonggak awal Indonesia menjadi pemain kunci di tingkat global.

Menves/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga meyakini menjadi salah satu negara pemain ekosistem baterai mobil, khususnya yang berbahan baku dari nikel.

“Saya tanya sudah ada belum di dunia yang membangun ekosistem baterai mobil terintegrasi dari hulu sampai menjadi mobil, ternyata belum ada dan Indonesia yang pertama melakukan ini,” kata Bahlil di acara peresmian.

Fakta Ekosistem Baterai dan EV PT HLI Karawang: Investasinya Tembus Rp73,11 Triliun

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:08
02:22
02:40
02:58
06:20
00:58
Viral