Kemenperin ungkap alasan perusahaan sawit nasional belum ada yang memproduksi biodiesel..
Sumber :
  • Dok. Direktorat Jenderal EBTKE

Padahal Jadi Prioritas Prabowo, Tapi Belum Ada Perusahaan Sawit yang Produksi Biodiesel: Kemenperin Ungkap Tantangan Terberatnya

Kamis, 4 Juli 2024 - 17:06 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI mengakui bahwa perusahaan kelapa sawit di Indonesia belum ada yang berani memproduksi biodiesel secara massal.

Padahal, hilirisasi kelapa sawit, swasembada solar dan transisi energi ke biodiesel adalah salah satu yang akan diprioritaskan pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat menjabat 2024-2029.

Pembina Industri pada Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Direktorat Jenderal Industri Agro Kemenperin Jefrinaldi, memaparkan alasan berbagai perusahaan kelapa sawit di Tanah Air belum berani memproduksi biodiesel.

Pertama, faktor pasar masih sangat diperhitungkan mengingat saat ini Uni Eropa bakal menerapkan undang-undang anti deforestasi.

"Semua industri hilirisasi berbasis komoditas agro masih menunggu kapan kepastian EU Deforestation Free Regulation dengan produk ekspor Indonesia," kata Jefrinaldi di Padang, Sumatera Barat, Kamis (4/7/2024).

Jefrinaldi menyampaikan hal tersebut dalam workshop bertajuk "Hilirisasi kelapa sawit menjadi produk oleopangan, oleokimia, dan biofuel: Peluang dan tantangan" di Padang, Sumbar.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:00
03:06
01:31
03:53
02:26
06:36
Viral