Bendungan Cipanas yang berada di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat..
Sumber :
  • Dok. PUPR

Wapres Resmikan Bendungan Cipanas Sumedang yang Sudah Lama Dilirik Investor, Proyek Raksasa Rp2 Triliun Ternyata Simpan Potensi Ini

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:41 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Proyek Bendungan Cipanas yang terletak di Kabupaten Sumedang dan Indramayu, Jawa Barat, akhirnya diresmikan oleh pemerintah.

Bendungan senilai Rp2,03 triliun itu diresmikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Wapres Ma'ruf Amin di Sumedang, Jabar, pada Selasa (9/7/2024).

Dalam peresmian tersebut, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa Bendungan Cipanas akan mendorong produktivitas pertanian, penyediaan air hingga mengurangi dampak kerugian akibat banjir.

"Pemanfaatan Bendungan Cipanas dirasakan sebesar-besarnya oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Sumedang, Indramayu, dan sekitarnya, khususnya dalam dukungan produktivitas pertanian, industri, dan pemenuhan air bersih, serta mengurangi dampak banjir," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Pembangunan Bendungan Cipanas akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di hilir, khususnya jalur irigasi.

Di sisi lain, masyarakat yang tinggal di hulu bendungan mungkin tidak banyak menerima manfaat yang sama sehingga pemerintah daerah harus memberi perhatian lebih dan inklusif untuk pemberdayaan masyarakat di wilayah hulu.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral