Pertemuan antara Kemendag dan KADIN membahas pembentukan Satgas Impor Ilegal..
Sumber :
  • Dok. Kemendag

Kemendag dan KADIN Sepakat Bentuk Satgas Impor Ilegal, Usut Banjir Barang Gelap yang Ancam Industri Domestik: Ternyata Datanya Beda

Selasa, 9 Juli 2024 - 16:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan atau Zulhas sepakat membentuk satuan tugas (satgas) impor ilegal setelah bertemu dengan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Arsjad Rasjid.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan pembentukan Satgas Impor Ilegal dilandasi keluhan pengusaha terkait banjir barang ilegal ke Indonesia yang mengganggu produk dalam negeri.

"Oleh karena itu kami sudah sepakat akan bikin Satgas, KADIN sama Kemendag nanti tentu dengan siapa lagi kita akan rumus," ujarnya, dalam konferensi pers di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2024).

Zulhas pun membeberkan temuan indikasi barang impor ilegal yang jomplang dengan data ekspor dari negara asal ke Indonesia.

"Kami ini, Pak Arsjad, dari berbagai diskusi ketemu lah ada persamaan, yang kita temukan adalah data, data impor kita dari luar data yang ada di dalam negeri bedanya jauh, jomplang," jelas dia.

"Jadi impor kita misalnya US$100 juta data BPS (Badan Pusat Statistik), data dari luar bisa US$300 juta, jadi jauh sekali," sambungnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
07:17
09:23
06:24
03:16
02:16
Viral