Dirjen PDSPKP KKP Budi Sulistiyo ketika meninjau salah satu gudang beku atau cold storage ikan di Surabaya..
Sumber :
  • Antara

Gudang Beku Pulau Jawa Rerata Rerata Terisi 50%, KKP Ungkap Masih Bisa Mainkan Harga Ikan dari Nelayan: Dapat Disimpan Kalau Harga Turun

Sabtu, 13 Juli 2024 - 09:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membeberkan tingkat keterisian gudang beku yang ada di Pulau Jawa rerata mencapai 48%.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistiyo menyampaikan, rerata cold storage di Jawa masih memiliki kapasitas menampung ikan-ikan hasil tangkapan nelayan.
 
Dari 931 gudang beku yang tersebar di Pulau Jawa, keterisian rata-ratanya masih di bawah 50% atau dapat dikatakan normal.

"Hasil pantauan tim di lapangan keterisian gudang beku di bawah 50 persen, artinya normal," ujar Budi.

Dirjen PDSPKP KKP menegaskan, pemilik ikan saat ini memiliki strategi dagang untuk menjual produknya sesuai dengan perhitungan ekonomi.

Sebab, cold storage juga berperan besar dalam strategi bisnis masing-masing perusahaan. "Barang akan dilepas ketika secara keekonomian menguntungkan," ujar Budi.

KKP telah menyiapkan langkah antisipatif penumpukan ikan di gudang beku.

Hal itu dilakukan dengan terus melakukan fasilitasi kemitraan antara pengelola dengan offtaker atau eksportir atau mitra dagang sebagai salah satu bentuk perluasan akses pasar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
01:41
01:11
14:44
02:37
00:48
Viral