Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto, berharap Pemerintahan Prabowo-Gibran kelak berani mengevaluasi program hilirisasi tambang..
Sumber :
  • Dok. PKS

Anggota Komisi VII DPR Harap Pemerintahan Prabowo-Gibran Berani Evaluasi Program Hilirisasi Tambang: Ada Anomali Kemiskinan di Dekat SDA

Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:56 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto, berharap Pemerintahan Prabowo-Gibran kelak berani mengevaluasi program hilirisasi tambang yang ada selama ini.

Menurutnya, Mulyanto menyebut program hilirisasi yang dijalankan Pemerintahan Joko Widodo saat ini masih jauh dari kata berhasil.

Hal itu dilihat karena keuntungan ekonomis yang didapat tidak sebanding dengan kerusakan lingkungan di semua area penambangan.

“Bahkan beberapa kalangan menyebut pengelolaan tambang secara ugal-ugalan atas nama hilirisasi telah mendatangkan kutukan sumber daya alam,” ungkapnya dalam keterangan yang diterima, Sabtu (27/7/2024).

Sumber daya alam yang seharusnya dapat menjadi sumber kesejahteraan masyarakat di sekitar tambang, tetapi kadang-kadang yang terjadi tidak demikian

“Anomali terkait kemiskinan yang justru terjadi di daerah kaya SDA atau daerah yang digencarkan program hilirisasi, yang sering disebut sebagai ‘kutukan sumber daya alam’ (deutch desease) ini perlu diteliti lebih dalam oleh Pemerintah dan para ahli,” pungkasnya.

Namun demikian, kata Mulyanto, hal tersebut disebabkan karena rendahnya efektivitas dan efisiensi pengelolaan dana pembangunan yang berasal dari dana bagi hasil (DBH) serta pajak lainnya oleh Pemerintah Daerah, termasuk juga merebaknya kasus-kasus korupsi tambang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral