Menko Airlangga Hartarto saat menghadiri Breakfast Meeting bersama Chairperson Of Tsinghua University People’s Republic of China Prof. Qiu Yong, Sabtu (3/8/2024)..
Sumber :
  • Biro Komunikasi Kemenko Perekonomian

Potensi Ekonomi Digital RI Rp1.296 Triliun, Menko Airlangga Soroti Kompetensi SDM Indonesia: Tantangannya Geopolitik dan AI

Sabtu, 3 Agustus 2024 - 22:32 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menghadapi ketidakpastian geopolitik, Pemerintah berusaha menjaga stabilitas ekonomi nasional dengan mengoptimalkan berbagai mesin pertumbuhan.

Pemerintah menyadari bahwa dibutuhkan mesin pertumbuhan ekonomi baru seiring dengan tantangan perkembangan teknologi di masa depan, yaitu melalui digitalisasi.

Ekonomi digital Indonesia saat ini mencapai 80 miliar dolar AS atau Rp1.296 triliun (kurs Rp16.206) dan diperkirakan akan terus meningkat.

Mengingat potensi tersebut, Koordinator Bidang Perekonomian berupaya untuk mendorong penciptaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri di masa mendatang.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, SDM dalam ekonomi digital memiliki peran sangat krusial.

Oleh karena itu, Airlangga saat menghadiri Breakfast Meeting bersama Chairperson Of Tsinghua University People’s Republic of China Prof. Qiu Yong,  menekankan perlunya memberikan lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mengasah ilmu di luar negeri, seperti di Tsinghua University.

Terlebih, mengingat tantangan geopolitik dan perkembangan teknologi seperti AI saat ini terus berkembang pesat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
03:03
01:47
01:21
11:37
02:51
Viral