Kereta otonom tanpa rel atau Autonomous Rail Transit (ART) yang bakal beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur..
Sumber :
  • Antara/Dok. Kemenhub

PT KAI dan INKA Dilirik untuk Uji Operasi Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN, OIKN: untuk Mempercepat Penguasaan Teknologi

Selasa, 6 Agustus 2024 - 11:38 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan menjalin koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Industri Kereta Api (INKA) untuk melakukan uji coba Proof-of-Concept (PoC) kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya mewujudkan transportasi modern dan berkelanjutan di ibu kota baru IKN, Kalimantan Timur.

Dalam proyek kereta otonom tanpa rel tersebut, kehadiran industri nasional menjadi sangat penting, terutama dalam hal transfer teknologi dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Ali Berawi, menekankan bahwa kolaborasi dengan perusahaan lokal dan mitra teknologi akan mempercepat penguasaan teknologi dan mendorong industri dalam negeri untuk melompat ke depan.

“Kami selalu membentuk tim teknis yang berisikan perwakilan perusahaan lokal dengan mitra teknologi yang ingin berpartisipasi di Nusantara. Harapannya dapat mempercepat penguasaan teknologi serta memacu industri dalam negeri agar terjadi lompatan atau leapfrogging,” ujar Ali dikutip Selasa (6/8/2024).

Menggandeng Kementerian Perhubungan dan kementerian terkait yang lain, OIKN tengah mempersiapkan uji coba ART pada awal Agustus 2024 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Uji coba ini dimaksudkan untuk memastikan kesesuaian teknologi dan infrastruktur trem otonom dengan lingkungan di Nusantara.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:15
06:07
02:25
03:03
01:47
01:21
Viral