Ilustrasi - Pusat Data Nasional (PDN) Cikarang yang dibantu Pemerintah Prancis akan beroperasi pada 2025..
Sumber :
  • Flickr

Habiskan Rp2,7 Triliun, Proyek Pusat Data Nasional (PDN) Cikarang Digendong Pemerintah Prancis: Kemkominfo akan Libatkan BSSN

Jumat, 9 Agustus 2024 - 23:49 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah tampaknya mulai berbenah kembali setelah ditimpa insiden peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Surabaya diobrak-abrik oleh hacker beberapa waktu lalu.

Kini, Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menyiapkan Pusat Data Nasional atau PDN Cikarang yang akan siap beroperasi pada 2025.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kemkominfo Hokky Situngkir menyebutkan bahwa progres pembangunan PDN Cikarang saat ini terus berjalan.

"Yang jelas kita akan bisa aktif mungkin tahun depan awal. Tapi secara umum infrastruktur, desain, itu sudah naik (prosesnya) beberapa persen dari bulan sebelumnya dan kita evaluasi terus-menerus security, backup, rancangannya," kata Hokky di Kantor Kementerian Kominfo, Jumat (9/8/2024). 

Pengelolaan PDN Cikarang di tahap awal pengoperasian, nantinya akan menggunakan skema managed service atau layanan yang dikelola oleh pihak ketiga.

Kemkominfo tidak akan mengelola secara langsung PDN Cikarang, tetapi tetap berpartisipasi dengan memberikan pendampingan kepada pihak ketiga yang dipercaya negara untuk mengelola infrastruktur tersebut.

Selain itu, pengelolaan PDN Cikarang nantinya juga akan melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memastikan aspek keamanan digitalnya agar benar-benar optimal.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
03:03
01:47
01:21
11:37
02:51
Viral