Deputy Chief of Mission KBRI Beijing Parulian George Andreas Silalahi..
Sumber :
  • Antara

RI Ajak China Terapkan ASEAN Way untuk Mencapai Kepastian Politik Regional: Ibarat Rumah, Indonesia adalah Tempatnya Harta Karun

Selasa, 13 Agustus 2024 - 09:56 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Indonesia mengundang China untuk mengadopsi pendekatan "ASEAN Way" dalam diplomasi, termasuk dalam upaya mencari solusi untuk isu-isu regional dan internasional.

Deputy Chief of Mission KBRI Beijing, Parulian George Andreas Silalahi, menyampaikan bahwa pendekatan ini dianggap penting dalam menjaga stabilitas kawasan.

"Jadi kami mengundang China untuk juga melakukan 'ASEAN Way' dengan berdasarkan 'brotherhood' dan 'sisterhood' untuk mencapai konsensus, karena melalui hal tersebut akan dicapai saling pengertian dan pada gilirannya juga dapat memberikan kepastian politik," katanya di Changzhi, Provinsi Shanxi, China, dikutip Selasa (13/8/2024).

Parulian menyampaikan pandangannya dalam "High-Level Dialogue" selama "ASEAN-China Week 2024" yang bertemakan "ASEAN-China Comprehensive Strategic Partnership: Achieving Prosperity through Innovation".

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari diplomat, pebisnis, mahasiswa, dan peneliti dari 10 negara anggota ASEAN dan China.

Forum ini menjadi platform penting untuk memperkuat kemitraan antara ASEAN dan China.

"ASEAN Way" yang dimaksud adalah prinsip panduan dalam interaksi antara 10 negara anggota ASEAN, yang menekankan penghormatan terhadap kedaulatan, kepentingan nasional, kesetaraan, serta kemitraan di antara para anggotanya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:19
02:59
02:36
20:40
01:05
03:15
Viral