Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers RAPBN dan Nota Keuangan TA 2025 di Jakarta, Jumat (16/8/2024).
Sumber :
  • tvOnenews.com/Julio Trisaputra

Airlangga Hartarto Ingatkan Pemerintahan Prabowo-Gibran soal Ekonomi Nasional, Minta 4 Modal Utama Pertumbuhan Ini Harus Dijaga

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 11:30 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa ada empat modal utama yang harus dijaga oleh pemerintahan selanjutnya, yakni pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Keempat faktor ini akan menjadi kunci dalam mendorong ekonomi nasional ke depan, serta untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Empat modal besar pertumbuhan yang perlu kita jaga yaitu konektivitas melalui perkembangan infrastruktur, termasuk IKN, perbaikan tata kelola SDM, optimalisasi insentif untuk transisi energi dan pengurangan karbon, serta perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat untuk ketahanan nasional dan stabilitas politik,” kata Airlangga Hartarto dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (17/8/2024).

Airlangga menjelaskan, berbagai strategi akan diimplementasikan untuk memaksimalkan empat faktor utama tersebut.

Salah satunya adalah dengan menghidupkan kembali mesin ekonomi melalui pembukaan pasar baru lewat program Kartu Prakerja, penerapan Undang-Undang Cipta Kerja, pelaksanaan Program Strategis Nasional (PSN), dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Selain itu, revitalisasi ekonomi juga akan didorong dengan langkah-langkah seperti aksesi Indonesia ke Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) dan Perjanjian Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP).

Digitalisasi ekonomi juga menjadi fokus, dengan pengembangan kecerdasan buatan (AI), persiapan talenta digital, dan pembangunan pusat data.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:07
02:25
03:03
01:47
01:21
11:37
Viral