Jelang Penetapan Suku Bunga Acuan BI-Rate, Kurs Rupiah Kokoh di Level 15.400-an: Naik Hampir 5 Persen Dalam Sebulan.
Sumber :
  • Julio Trisaputra

Jelang Penetapan Suku Bunga Acuan BI-Rate, Kurs Rupiah Kokoh di Level 15.400-an: Naik Hampir 5 Persen Dalam Sebulan

Rabu, 21 Agustus 2024 - 11:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menjelang berakhirnya Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih tetap kokoh bertengger di level Rp15.400-an. 

Pada perdagangan Rabu (21/8/2024) Siang, kurs rupiah di pasar spot terpantau berada di level Rp15.434 per dolar AS, melemah tipis 0,14 persen atau 21 poin dibandingkan dengan posisi terakhir di hari sebelumnya. 

Pelemahan rupiah hari ini masih sejalan dengan melemahnya mayoritas mata uang Asia terhadap dolar AS. Hari ini indeks dolar AS kembali menguat tipis di tengah spekulasi investor menanti pidato Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell dalam simposium ekonomi di Jackson Hole, Kansas, Amerika Serikat. 

"Salah satu yang paling dinantikan pasar adalah pernyataan BI mengenai kebijakan ke depan. Bank sentral AS telah mengindikasikan akan menurunkan suku bunga pada September, dan BI diperkirakan akan melakukan hal yang sama," kata analis Finex Brahmantya Himawan  di Jakarta.

Menurut Brahmantya, kata-kata Jerome Powell di Simposium Jackson Hole akan menjadi penting karena akan memberi isyarat awal tentang besaran potensi pemangkasan suku bunga The Fed.

Investor pasar mengawasi potensi pengungkapan mengenai penurunan suku bunga The Fed di masa depan, karena sentimen umum seputar pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell yang akan datang pada pertemuan Jackson Hole yang dimulai pada Kamis.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:21
11:37
02:51
00:51
03:08
01:09
Viral