Akibat Perang Dengan Palestina, Ekonomi Israel Terus Memburuk: Solusi Terbaik Adalah Menghentikan Perang.
Sumber :
  • AP Foto

Akibat Konflik Dengan Palestina Hingga Iran, Ekonomi Israel Terus Memburuk: Solusi Terbaik Adalah Menghentikan Perang

Senin, 26 Agustus 2024 - 15:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Hampir sebelas bulan berperang dengan Hamas Palestina, ekonomi Israel kian tertekan seiring dengan rencana pemimpin negara tersebut untuk lanjut melancarkan serangan di Gaza, sekaligus memberi sinyal akan berlanjutnya konflik. 

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah mencoba menutupi kenyataan dengan mengatakan bahwa dampak ekonomi yang dialami hanya bersifat sementara. Namun, perang Israel - Palestina bukan saja telah memukul ribuan bisnis kecil tapi juga mengancam kepercayaan dunia internasional terhadap ekonomi Israel yang selama ini dianggap sangat kuat. 

Di tengah keterpurukan ekonomi akibat perang, sejumlah ekonom menilai langkah terbaik bagi Israel saat ini adalah menghentikan perang dan mengumumkan gencana senjata. 

"Ekonomi saat ini berada dalam ketidakpastian besar, dan sangat tergantung pada kondisi keamanan, seberapa lama perang akan berlangsung, bagaimana intensitas ke depan, dan juga bagaimana potensi ekskalasi lebih lanjut," kata Karnit Flug, mantan Kepala Bank Sentral Israel yang saat ini menjadi Wakil Presiden di lembaga "think tank" Israel Democracy Institute. 

Perang di Gaza dan serangan rutin dari militan Hizbullah di Libanon juga telah memaksa puluhan ribu warga pindah dari rumahnya yang berada dekat dengan wilayah konflik di bagian Utara dan Selatan Isreal. 

Bukan hanya di Israel, perang sejak akhir 2023 lalu, telah menimbulkan dampak besar terhadap perekonomian Gaza yang sebelumnya telah terpuruk. Bahkan, sebanyak 90 persen warga Gaza telah mengungsi dan membuat mayoritas warga kehilangan pekerjaan. 

Seluruh bank yang berada di wilayah Gaza bahkan telah tutup. Perang yang berkepanjangan telah membunuh leibh dari 40 ribu warga, menurut catatan petugas departemen kesehatan Palestina. 

Berkepanjangan

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral