Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Dorong Ekonomi Hijau di Kawasan Industri Wiraraja Batam, Bisa Menyerap 36.150 Tenaga Kerja.
Sumber :
  • Kemenko Perekonomian

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Dorong Ekonomi Hijau di Kawasan Industri Wiraraja Batam, Butuh 36.150 Tenaga Kerja

Senin, 26 Agustus 2024 - 16:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah terus mendorong transformasi ekonomi hijau, terutama di wilayah kawasan industri. Salah satunya adalah dengan mendorong investasi hijau di Kawasan Industri Wiraraja, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan hal tersebut saat meluncurkan Wiiaraja Green Renewable Energy and Smart-Eco Industrial Park (GESEIP) di Kawasan Industri Wiraraja Batam, Provinsi Kepri, Senin (26/82024).

"Kepri juga tumbuh secara baik di kuartal kedua yakni 4,9 persen dan menjadi salah satu provinsi dengan KEK terbanyak di Indonesia. Kepri tentunya menjadi pintu bagi investasi Indonesia,” ungkap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ditengah kondisi solid perekonomian nasional saat ini, menurut Airlangga Hartarto, pemerintah terus memanfaatkan berbagai momentum dengan mendorong transformasi ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui transformasi ekonomi hijau.

Kawasan Industri Wiraraja sendiri telah menjadi lokasi dari 8 (delapan) perusahaan diresmikan dalam Grand Launching tersebut. Perusahaan-perusahaan tersebut terutama bergerak pada sektor renewable energy seperti manufaktur solar modul, sodium-ion battery, hingga semikonduktor

Lebih lanjut, perusahaan-perusahaan tersebut akan menambah nilai investasi baru sebesar 17,6 triliun dolar AS yang berasal dari Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN) maupun dari Penanaman Modal Asing (PMA) dari Amerika Serikat, Jerman, Taiwan, dan Singapura. 

Selain itu, menurut Menko Airlangga, melalui penambahan investasi tersebut juga akan menyerap tenaga kerja sebanyak 36.150 orang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:21
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
Viral