ILUSTRASI - KRL.
Sumber :
  • Jafkhairi-Antara

Siap-siap! Soal Rencana Tarif KRL Jabodetabek Berbasis KTP Tahun 2025, Begini Kata Kemenhub

Kamis, 29 Agustus 2024 - 23:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara terkait rencana penerapan tarif subsidi Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau KTP mulai tahun 2025.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, menyebut bahwa rencana ini masih dalam tahap pembahasan.

Ia mengatakan bahwa pelaksanaannya akan sangat tergantung pada hasil diskusi lintas sektoral, konsultasi publik, serta respons dari para pemangku kepentingan.

Diketahui bahwa wacana penerapan subsidi berbasis NIK sudah mulai dibahas sejak 2023. Tujuannya adalah untuk memastikan subsidi angkutan umum tepat sasaran dan bisa diakses oleh mereka yang benar-benar membutuhkan.

"Kita lihat nanti, kita lihat hasil pembahasannya seperti apa, perlu konsultasi publik, melihat dinamika, dan respons dari stakeholder," kata Adita saat berada di Gedung DPR/MPR/DPD, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Adita juga menambahkan bahwa PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah memiliki sistem yang memadai, sehingga penerapan subsidi berbasis NIK ini bukan hal yang mustahil.

Dia menegaskan bahwa jika rencana ini benar-benar diterapkan, akan ada peningkatan fasilitas kereta dan stasiun untuk kenyamanan masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:20
01:23
02:25
01:57
02:27
04:33
Viral