PLTS ground-mounted terbesar di Indonesia yang terletak di Kawasan Industri Kota Bukit Indah (KBI), Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat..
Sumber :
  • Dok. PLN

PLTS Ground-Mounted Terbesar di Indonesia Resmi Beroperasi di Purwakarta, Luasnya 80 Hektare dengan Produksi Energi Segini Tembus Segini

Jumat, 30 Agustus 2024 - 11:56 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - PT PLN (Persero), melalui anak usahanya PLN Batam, bersama PT Aruna Cahaya Pratama (Aruna PV), sukses mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tipe ground-mounted atau dipasang di tanah, terbesar di Indonesia. 

Proyek yang belum lama diresmikan ini terbentang megah di Kawasan Industri Kota Bukit Indah (KBI), Purwakarta, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Jisman P Hutajulu, menyatakan bahwa peresmian PLTS ini adalah momen penting dalam perjalanan transisi energi Indonesia menuju masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

"Saya pikir PLTS ini menjadi pembangkit yang sangat kita harapkan ke depan. Kami berharap kesuksesan pembangunan PLTS ini dapat memberikan manfaat yang optimal serta menjadi role model untuk sektor industri dan pemegang wilayah usaha lainnya," ungkap Jisman dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Dengan kapasitas 100 Megawatt peak (MWp), PLTS ini menandai langkah maju dalam pengembangan energi bersih di Tanah Air.

PLTS ini dibangun di atas lahan seluas 80 hektar dan dioperasikan oleh PT Aruna Hijau Power (AHP), sebuah perusahaan patungan antara PLN Batam dan Aruna PV.

Pembangkit ini mampu menghasilkan 150 GWh energi bersih setiap tahun, setara dengan pengurangan emisi CO2 sebesar 118.725 ton.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:11
02:30
03:20
01:23
02:25
Viral