Pertamina jajaki pengembangan energi bersih di Afrika Selatan..
Sumber :
  • Pertamina

Pertamina Jajaki Kerja Sama Energi Bersih di Afrika Selatan, Incar Sumber Gas dari Mozambik

Selasa, 3 September 2024 - 23:16 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - PT Pertamina (Persero) sedang gencar mengincar kerja sama di Afrika Selatan, terutama dalam pengembangan energi bersih.

Pasalnya, Afsel tengah bersiap-siap untuk beralih dari pembangkit listrik tenaga batu bara ke pembangkit listrik tenaga gas (PLTG).

"Kami menawarkan solusi total berupa gas untuk listrik bagi Afrika Selatan. Gas tersebut berasal dari Mozambik, salah satu pilihannya," kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, ketika berbicara dalam Diskusi Panel Indonesia-Afrika Forum ke-2 di Nusa Dua, Bali, pada Selasa (3/9/2024).

Nicke menjelaskan bahwa meskipun Afrika Selatan punya banyak potensi di bidang energi terbarukan, Pertamina ingin menawarkan kerja sama yang sesuai dengan keahlian mereka.

Sebagai perusahaan plat merah, Pertamina punya banyak pengalaman dalam bisnis energi, mulai dari hulu hingga hilir, produksi, hingga industri minyak bumi.

"Saya kira banyak fokus harus diberikan untuk memastikan bahwa negara-negara ini (Afrika) benar-benar dapat memaksimalkan pemikiran tentang bagaimana mereka akan menggunakan gas domestik mereka untuk benar-benar mendorong pembangunan di dalam negeri," tambahnya.

Diskusi panel IAF ini juga dihadiri oleh Menteri Sumber Daya Mineral dan Energi Mozambik, Carlos Zacarias, yang menyoroti pentingnya semangat kerja sama antar negara seperti yang diusung dalam Semangat Bandung.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral