Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Indonesian International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta pada hari Kamis (5/9/2024).).
Sumber :
  • Biro Komunikasi Kemenko Marves

Jokowi Buka ISF 2024, Ajak Negara Maju Kolaborasi Atasi Krisis Iklim: Indonesia Terbuka Bermitra dengan Siapa Saja

Kamis, 5 September 2024 - 14:24 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Indonesian International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya kerja sama global untuk menghadapi tantangan krisis iklim dan mempercepat langkah keberlanjutan di tingkat internasional. 

Di hadapan para menteri dan negara-negara sahabat yang hadir, Jokowi  menegaskan bahwa Indonesia siap bekerja sama dengan negara mana pun untuk memaksimalkan potensi guna menciptakan dunia yang lebih hijau.

"Indonesia sangat terbuka bermitra dengan siapa pun untuk memaksimalkan potensi bagi dunia yang lebih hijau. Untuk memberikan akses bagi energi hijau yang berkeadilan, untuk pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkeadilan. Saya harap forum ISF ini dapat menjadi tempat bertemunya pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya yang dapat menjadi modal bersama dalam berkolaborasi mengatasi tantangan iklim yang ada," tegas Jokowi pidatonya.

Presiden Jokowi juga menyoroti potensi energi hijau yang dimiliki Indonesia, dengan lebih dari 3.600 GW yang bisa dikembangkan.

Salah satu contoh nyatanya adalah Pembangkit Tenaga Listrik Surya Terapung (PLTS) Cirata yang berkapasitas 192 MW peak, yang menjadi terbesar di Asia Tenggara dan ketiga di dunia.

Presiden menambahkan bahwa Indonesia juga memiliki kawasan industri hijau yang sangat luas dan potensi besar dalam penyerapan karbon melalui hutan mangrove seluas 3,3 juta hektar, menjadikannya yang terbesar di dunia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral