Ilustrasi - PLTS Terapung Cirata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat..
Sumber :
  • tvOnenews.com

Ambisius! Kementerian ESDM Bakal Bangun PLTS Terapung di 257 Waduk PUPR, Total Kapasitasnya 70 Kali Lipat Cirata

Jumat, 13 September 2024 - 15:14 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong upaya pengembangan energi terbarukan di Indonesia, dengan membidik ratusan waduk untuk membangun PLTS Terapung.

Belum lama ini, Kementerian ESDM mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung di permukaan waduk yang dikelola PUPR.

Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi, menjelaskan bahwa pemanfaatan PLTS Terapung atau floating PV di berbagai waduk milik Kementerian PUPR akan memungkinkan tambahan kapasitas listrik sebesar 14,7 gigawatt.

"Dengan memanfaatkan floating PV pada beberapa permukaan bendungan yang dimiliki Kementerian PUPR, kita bisa mengakselerasi tambahan 14 GW lagi," ujar Hendra dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (13/9/2024).

Inisiatif ini sekaligus menjadi bagian penting dari strategi pemerintah dalam mempercepat penggunaan energi bersih dan menuju target Net Zero Emissions pada tahun 2060.

Terkait lokasinya, pengembangan PLTS terapung tersebut tersebar di berbagai wilayah Indonesia, meliputi Jawa-Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara.

Hendra menambahkan, proses inventarisasi harus dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan listrik, dan kapan proyek tersebut dapat masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) sesuai dengan target Commercial Operation Date (COD).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:05
10:13
03:23
02:16
04:37
01:05
Viral