Kratom atau Mitragyna speciosa Korth.
Sumber :
  • Istimewa/medmark.com

Permintaan Kratom Meningkat Meski Kontroversi, Menkop UKM Dorong Kalimantan untuk Hilirisasi: Punya Potensi Sebesar Sawit?

Sabtu, 14 September 2024 - 11:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mendorong terwujudnya pengolahan hasil atau hilirisasi dalam mengembangkan berbagai produk berbasis tanaman kratom melalui koperasi di Kalimantan.

Pasalnya, permintaan dunia atas kratom terus meningkat setiap tahunnya meski sampi saat ini masih menimbulkan kontroversi terkait kandungan narkotika di dalamnya.

Menurut Teten, langkah hilirisasi kratom ini cukup krusial demi meningkatkan nilai ekonomi tanaman obat tersebut sekaligus mendongkrak kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal ini disampaikan Teten saat mengunjungi sentra produksi kratom milik Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh) Cabang Kalimantan Timur yang terletak di Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, pada hari Jumat kemarin.

Kunjungan Menkop UKM ke Kalimantan itu bertujuan untuk melihat secara langsung proses produksi dan potensi kratom di kawasan tersebut.

Kratom adalah tanaman khas Asia Tenggara yang telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat secara tradisional sebagai tumbuhan herbal.

Tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang signifikan, dan potensinya terus berkembang

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:29
06:33
02:13
01:05
10:13
03:23
Viral