Virgin Australia Airlines Jadi Maskapai Internasional Pertama yang Gunakan Sustainable Aviation Fuel Pertamina.
Sumber :
  • Pertamina

Virgin Australia Airlines Jadi Maskapai Internasional Pertama yang Gunakan Sustainable Aviation Fuel Pertamina

Kamis, 19 September 2024 - 08:59 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Maskapai Virgin Australia Airlines menjadi yang pertama menikmati layanan Sustainable Aviation Fuel (SAF) dari Aviation Fuel Terminal (AFT) Ngurah Rai. 

Hal ini ditandai dengan seremoni 'First International Uplift' dalam perhelatan Bali International Airshow (BIAS) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (18/9/2024).

"Momen penyaluran pertama SAF di Bandara Ngurah Rai ini menandai bahwa Indonesia dapat beradaptasi dengan tuntutan bauran energi di industri penerbangan internasional, di mana saat ini SAF menjadi solusi jangka menengah bagi penerbangan untuk mengurangi jejak karbon, tanpa memerlukan perubahan pada pesawat, infrastruktur bandara, atau rantai pasokan bahan bakar jet," kata Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya.

Maya menjelaskan, SAF yang disalurkan sudah mengacu framework sertifikasi International Sustainability and Carbon Certification (ISCC) untuk Carbon Offsetting and Reduction Scheme for International Aviation (CORSIA) dan Renewable Energy Directive-European Union (RED-EU). 

Selain itu, SAF telah memenuhi standar internasional yang diatur oleh American Society of Testing and Materials (ASTM) dan terjamin aman karena sudah termasuk sebagai Corsia Eligible Fuel (CEF) yang dapat diklaim kepada International Civil Aviation Organization (ICAO). 

"Langkah baru menuju penerbangan berkelanjutan ini mampu mengurangi emisi karbon dari bahan bakar fosil, karena SAF Pertamina merupakan perpaduan dari 38,43% synthetic kerosene yang diproduksi dari minyak jelantah atau Used Cooking Oil (UCO) dan 61,57% avtur yang berasal dari fosil," terang Maya.

Sementara itu, General Manager Sustainability Virgin Australia, Fiona Walmsley mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah awal antara Indonesia dan Australia dalam upaya mewujudkan target net zero emission di kedua negara. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral