Proses Pengolahan Surikan (Susu Dari Ikan) dengan berbagai macam rasa yang terbuat dari ikan Petek san sudah diuji kesegarannya hingga manfaatnya, di Pabrik HPI dan Susu Ikan, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (18/9/2024).
Sumber :
  • tvOnenews.com/Julio Trisaputra

KKP Siapkan Pabrik Susu Ikan di Pekalongan untuk Dukung Program MBG Prabowo, Tapi Masih Butuh Waktu dan Dana Segini

Kamis, 19 September 2024 - 09:27 WIB

Indramayu, tvOnenews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang berupaya memperkenalkan susu ikan sebagai alternatif baru yang menggantikan susu konvensional.

Inisiatif ini diiringi dengan rencana membangun pabrik hidrolisat protein ikan (HPI) di Pekalongan.

Langkah ini dianggap sebagai terobosan penting dalam meningkatkan sumber protein di Indonesia.

Susu ikan adalah salah satu produk dari teknologi HPI. Menurut Direktur Pengolahan Ditjen PDSPKP KKP, Widya Rustyanto, pabrik HPI hanya ada di Indramayu. Namun, pabrik tersebut bukanlah pabrik percontohan milik KKP.

"Pabrik HPI saat ini memang di Indramayu ini milik PT Berikan. Tetapi KKP dalam waktu dekat ini akan membangun unit HPI di Pekalongan, Insya Allah mudah-mudahan di bulan November, akhir sudah bisa trial dan bisa membuat produk HPI," kata Widya di Indramayu, Rabu (18/9/2024).

Widya juga menjelaskan, pembangunan satu pabrik HPI membutuhkan anggaran sekitar Rp8 miliar. Rencana ini sebenarnya bukan hal baru, karena telah lama dipersiapkan oleh KKP.

Menurut Widya, pembangunan pabrik di Pekalongan akan dimulai minggu depan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral