Menyusuri Sejarah Ekspor Pasir Laut, Dari Larangan ke Peluang Baru di Era Jokowi.
Sumber :
  • istimewa

Jokowi Ungkap Mimpi Jadikan RI Pemasok Tembaga Dunia: Kita Ingin Dunia Bergantung ke Indonesia

Senin, 23 September 2024 - 12:11 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap keinginannya menjadikan Indonesia sebagai negara industri dan pemasok tembaga dunia. 

Menurutnya, selama ini Indonesia hanya menjadi konsumen, dengan total 56% PDB adalah konsumsi domestik. Jokowi ingin kontribusi industri terhadap PDB bisa makin besar.

"Kita ingin menyongsong diri menjadi negara industri maju dengan mengolah sumber daya alamnya sendiri, sehingga tadi kembali GDP growth kita tidak bergantung pada konsumsi tapi dibalikkan ke produksi, bertumpu pada produksi bukan konsumsi," kata Jokowi saat meresmikan pabrik smelter dan pemurnian konsentrat tembaga PT Amman Mineral di Sumbawa Barat, Nusa Tengara Barat (NTB), Snein (23/9/2024).

Sebagai negara yang masuk tujuh besar pemilik sumber daya tembaga terbesar, kata dia, sudah seharusnya Indonesia tidak hanya melakukan ekspor konsentrat secara mentah. Hilirisasi untuk memberikan nilai tambah juga mesti dilakukan.

Jokowi ingin Indonesia bisa masuk rantai pasok global sebagai pabrikan olahan tembaga besar dunia. Kalau perlu seluruh dunia bergantung kepada Indonesia bila butuh tembaga.

"Saya gembira pagi hari ini, kita sebagai pemilik cadangan tembaga masuk 7 besar dunia, kita ini memasuki babak baru dalam hilirisasi industri tembaga. Kita ingin produk tembaga dunia ke depan bergantung kepada negara kita, Indonesia. Apapun, entah lembaran katoda, kabel, copper foil," ungkap Jokowi.

"Semuanya yang bisa diproduksi di sini itu akan kita lakukan. Bukan lagi kita ekspor bahan mentah atau raw material," imbuhnya. (nba)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:42
04:15
00:55
01:03
01:44
Viral