Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan smelter tembaga milik PT Amman Mineral Internasional Tbk., di Sumbawa Barat, NTB, Senin (23/9/2024)..
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Jokowi Pimpin Groundbreaking 5 Proyek Investor Asing di IKN Besok, Ada Milik China hingga Australia

Selasa, 24 September 2024 - 13:08 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memimpin proses groundbreaking tahap ke-8 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (25/9/2024) besok. Pada kesempatan itu, investasi asing akan turut serta dalam proses awal pembangunan di IKN.

"Groundbreaking ini akan melibatkan satu investor asing murni, dua kemitraan investor asing, dan dua investor domestik," ujar Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik Troy Pantouw, Selasa (24/9/2024).

Troy mengungkap, investor asing menunjukkan ketertarikan yang sama kuatnya dengan investor dalam negeri terhadap potensi IKN. Namun, Otorita IKN tetap mengedepankan kehadiran brand-brand lokal yang menjadi kebanggaan nasional.

"Investasi swasta luar negeri masuk pertama kali melalui sektor mix use yaitu Delonix Bravo Investment dari Tiongkok yang akan membangun hotel, apartemen, kantor, dan pusat perbelanjaan," ujarnya.

Jokowi direncanakan akan meresmikan groundbreaking dua perusahaan dalam negeri yang berinvestasi di IKN, yaitu Primahotel Manajemen Indonesia yang akan membangun hotel bintang 3 dan PT Plataran Boga Rasa yang akan membangun Venue.

Sementara itu, dua perusahaan yang bermitra dengan internasional, Australia Independent School, juga kan membangun sekolah internasional dari PAUD hingga SMA, dan PT Magnum Investment Nusantara yang akan membangun kawasan hunian dan komersial.

Troy mengatakan, groundbreaking kedelapan ini melanjutkan rangkaian pembangunan yang sebelumnya telah mencapai tahap ketujuh. Pekan lalu, telah diresmikan Swissotel Nusantara serta groundbreaking Nusantara Mall and Duty Free, yang menambah daftar proyek infrastruktur dan fasilitas penting di Nusantara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:24
02:55
06:15
00:49
00:57
01:05
Viral