10 tahun menjadi Presiden RI, Jokowi telah menjalankan berbagai program peningkatan kesejahteraan sosial yang berdampak nyata..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Julio Trisaputra

Kesejahteraan Sosial selama 10 Tahun Jokowi: Apakah Program BLT, PKH, dan Kartu Prakerja Memberi Dampak Nyata untuk Rakyat?

Rabu, 25 September 2024 - 09:04 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden Indonesia.

Menjelang masa pensiun, Kantor Staf Presiden (KSP) merilis laporan mengenai capaian kinerja Jokowi selama satu dekade memimpin negeri ini.

Laporan ini menyoroti berbagai sektor, salah satunya adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat selama 10 tahun terakhir.

Laporan KSP bertajuk "Capaian 10 Tahun Pemerintahan Joko Widodo" menjelaskan bagaimana berbagai program sosial berhasil menurunkan angka kemiskinan dari waktu ke waktu hingga tahun 2024.

Keberhasilan ini tidak lepas dari sejumlah program sosial yang diluncurkan Jokowi, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Prakerja, serta program subsidi lainnya.

Program-program tersebut dianggap berhasil membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk bertahan hidup dengan lebih baik.

"Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Kartu Prakerja, dan subsidi sejumlah kebutuhan pokok telah membantu meringankan beban ekonomi keluarga, memberikan kesempatan untuk hidup lebih sejahtera dan mandiri," tulis KSP dalam laporannya, dikutip Rabu (25/9/2024).

Saat Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI, 16 Agustus 2024, Jokowi menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun, dana sebesar Rp225 triliun telah dialokasikan untuk Program Keluarga Harapan.

Anggaran ini digunakan untuk mendukung sekitar 10 juta keluarga kurang mampu setiap tahunnya. Tak hanya itu, Rp60,3 triliun dana Kartu Prakerja selama lima tahun juga telah dimanfaatkan untuk melatih 18,8 juta pekerja di seluruh Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:16
06:21
09:33
01:37
07:50
09:11
Viral