Mendag: Indonesia Jadi Negara Maju Tinggal Tunggu Waktu, Bisa Saingi Jepang dan China.
Sumber :
  • tvonenews.com/Muhammad Bagas

Perjanjian Dagang IEU-CEPA Alot hingga 9 Tahun, Mendag: Harus Selesai Sebelum Pemerintahan Baru

Kamis, 26 September 2024 - 13:39 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkap alasan negosiasi perjanjian kerja sama ekonomi Indonesia-Uni Eropa (IEU-CEPA) masih alot kendati telah berlangsung sembilan tahun.  Ia menyebut perjanjian tidak berjalan sesuai target lantaran pihak Eropa terus menambah permintaan.

"Kita sudah banyak memenuhi permintaan, kalau nambah lagi-nambah lagi, ya tentu repot ya. Kita ingin ini IEU-CEPA selesai, tapi kan tergantung sananya juga kan," kata Zulkifli di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (26/9/2024).

Ia berharap, kesepakatan dagang IEU-CEPA yang mengikat antara kedua belah pihak yakni antara Indonesia dan Uni Eropa bisa segera selesai sebelum masa pemerintahan baru. 

Pria yang akrab disapa Zulhas itu pun menampik jika Indonesia memberikan ultimatum kepada Uni Eropa terkait penambahan kebijakan.

"Enggak ultimatum, kita kasih tahu. Karena kalau pemerintah baru, nanti akan lebih sulit lagi, saya kira. Pak Prabowo (Prabowo Subianto) kan tahu sendiri, kalau Pak Prabowo kan ingin agar CPO jadi B50, kan, jadi kita penuhi soal CPO nggak penting lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Djatmiko Bris Witjaksono menyampaikan, negosiasi IEU-CEPA masih alot lantaran belum menemukan titik temu dari segi kebijakan kedua belah pihak.

"Ada beberapa hal terkait policy yang masih belum selesai, dalam arti kita masih mencari benar-benar titik tengah dari isu tersebut. Ini yang pasti menjadi tantangan untuk menyelesaikan kepentingan," kata Djatmiko saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:23
06:38
06:08
11:00
07:12
02:15
Viral