Berkah Pertamina Grand Prix, UMKM Raup Cuan Rp1,1 Miliar.
Sumber :
  • ANTARA

Berkah Pertamina Grand Prix, UMKM Raup Cuan Rp1,1 Miliar

Selasa, 1 Oktober 2024 - 17:00 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Pertamina yang berpartisipasi dalam ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB meraup omzet penjualan hingga Rp1,1 miliar.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan omzet penjualan UMKM meroket 56 persen dibanding gelaran tahun lalu sebesar Rp689 juta.

"Selain produknya yang memang diperlukan pengunjung, pada tahun ini area UMKM berada di lokasi yang sama dengan area panggung hiburan. Area 'Pertamina Energizing You Festival' ini menjadi one stop solution untuk mempermudah para pengunjung," kata Fadjar, Selasa (1/10/2024).

Fadjar menambahkan, salah satu keunikan UMKM Pertamina adalah konsep keberlanjutan lingkungan yang memang menjadi fokus Pertamina. Seperti UMKM Good Craft, yang mengelola limbah pelepah kelapa menjadi berbagai produk kerajinan kreatif.

Pemilik Good Craft, Gilang Putra, mengatakan, produk kerajinan pelepah kelapanya sering dipesan sebagai suvenir dari berbagai instansi, usaha interior, dan pembeli ritel.

"Bagi UMKM kerajinan, produk pelepah diminati konsumen menjadi kebanggaan tersendiri, karena konsep go green yang kami dapat dari pelatihan Pertamina UMK Academy bisa menjadi salah satu produk unggulan," katanya.

Gilang juga mengungkapkan rasa bangga atas apresiasi dari Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat menerima karya lukisan wajah yang dibuat dari pelepah kelapa Good Craft.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:47
03:10
06:27
06:11
03:16
01:02
Viral