Inilah Deretan Batik Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah.
Sumber :

Inilah Deretan Batik Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Rabu, 2 Oktober 2024 - 09:17 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Tanggal 2 Oktober diperingati dengan Hari Batik Nasional. Seperti yang diketahui banyak orang, Batik merupakan kain bercorak khas Indonesia yang dibuat di banyak daerah dan memiliki ciri khasnya masing-masing. 

Pembuatan batik membutuhkan keterampilan tinggi, sehingga dibuat oleh para pengrajin yang sudah berpengalaman. Susahnya proses pembuatannya membuat batik dijual dengan harga yang cukup tinggi, terutama batik tulis yang proses penggambarannya menggunakan tangan pengrajin. 

Namun, apa saja batik termahal di dunia? Berikut ini informasinya kami rangkum untuk Anda. 

1. Batik Halus Cirebon

Batik halus Cirebon merupakan salah satu batik termahal di dunia. Dibuat di Cirebon, batik ini biasanya dikenal dengan motif mega mendung yang berbentu gumpalan awan putih. 

Melansir dari situs Indonesia Kaya, batik Cirebon dijual dengan harga tinggi karena dikerjakan deng teknik wit, yaitu satu garis lurus batas yang dibuat deng diblok berlapis lilin. Hal ini bertujuan agar terbentuk satuan garis lengkung yang halus. 

Cara yang sangat rumit ini membutuhkan keterampilan yang mahir. Batik Halus Cierbon dihargai sekitar Rp30 juta per lembar. Sayangnya, pengrajin Batik Halus Cirebon mulai jarang ditemukan lantaran pengerjaannya yang sangat detail dengan motif yang rapi dan estetik. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:06
01:55
05:33
13:31
06:52
04:47
Viral