ESDM: Penggunaan BBM Rendah Sulfur Dipastikan Bisa Jaga Kualitas Udara agar Tidak Memburuk.
Sumber :
  • Istimewa

ESDM: Penggunaan BBM Rendah Sulfur Dipastikan Bisa Jaga Kualitas Udara agar Tidak Terus Memburuk

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 09:24 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bisa memastikan bahwa penggunaan bahan bakar minyak (BBM) rendah sulfur bisa menekan emisi untuk menjaga kualitas udara tidak terus-terusan memburuk. 

Sebagai informasi, BBM sulfur rendah adalah bahan bakar minyak yang mengandung lebih sedikit sulfur. BBM rendah sulfur juga biasa disebut sebagai BBM ramah lingkungan. 

Sulfur sendiri adalah unsur kimia non-logam poliatomik yang diidentifikasi sebagai huruf S dengan nomor atom 16. BBM ini diluncurkan secara resmi di Indonesia pada 17 Agustus 2024 lalu, tepat pada Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79. 

"BBM rendah sulfur adalah sebuah kebutuhan. Karena kita semua tahu kualitas udara kita saat ini kurang bagus dan salah satu penyebabnya adalah BBM kita yang mengandung sulfur yang tinggi," kata Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (Biro Klik) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agus Cahyono Adi dalam keterangan di Jakarta, Jumat (4/10/2024). 

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa sektor transportasi kini memegang kunci penting untuk menurunkan emisi., Berbagai macam upaya dilakukan pemerintah agar dampak buruk perubahan iklim tidak terus terjadi dan bertambah parah. 

Langkah ini juga dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mewujudkan net zero emission (NZE) pada tahun 2060 mendatang. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
03:26
02:11
03:09
01:46
00:50
Viral