Pulau Kumala Disiapkan Jadi Objek Wisata Andalan di IKN.
Sumber :
  • antara

Pulau Kumala Disiapkan Jadi Objek Wisata Andalan di IKN

Senin, 7 Oktober 2024 - 16:44 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pulau Kumala akan dijadikan objek wisata andalan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pulau ini sempat menjadi daya tarik wisata, khususnya pada tahun 2000-an.

Namun, pesona keindahan Pulau Kumala di IKN telah lama membisu hingga tak terdengan lagi oleh wisatawan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) berkolaborasi dalam upaya mengembalikan kejayaan objek wisata Pulau Kumala.

"Besar harapan kami kerja sama dengan Kemenparekraf ini benar- benar dapat mengembalikan kejayaan Pulau Kumala, yang pernah menjadi daya tarik utama wisata Kukar di awal 2000-an," kata Pjs Bupati Kukar Bambang Arwanto di Tenggarong, Senin.

Ia melanjutkan, Kemenparekraf bersedia memberikan bantuan dan petunjuk berupa masterplan.

"Ke depan Pulau Kumala dapat menjadi destinasi wisata unggulan, mengingat lokasinya yang dekat dengan IKN, sehingga dengan adanya masterplan hasil kolaborasi ini, pembangunan destinasi di Pulau Kumala akan lebih terukur dan terintegrasi, bisa meningkatkan jumlah wisatawan sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat," katanya.

Sebelumnya juga, kata dia, sempat dilakukan Focus Group Discussion (FGD) kerja sama Pemkab Kukar dan Kemenparekraf, yakni membahas laporan akhir masterplan daerah tujuan wisata (DTW) Pulau Kumala.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:22
06:01
01:05
02:24
01:17
02:45
Viral