Pemerintah Terapkan Bea Masuk Antidumping Untuk Produk Canai Asal China, Korea, dan Taiwan.
Sumber :
  • Antara Foto

Pemerintah Terapkan Bea Masuk Antidumping Untuk Produk Canai Asal China, Korea, dan Taiwan

Selasa, 8 Oktober 2024 - 11:11 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah kini menerapkan bea masuk antidumping (BMAD) atas impor produk canai lantaian besi atau baja bukan paduan yang disepuh atau dilapisi dengan timah. Aturan ini ada pada PMK RI Nomor 66 Tahun 2024. 

BMAD yang dikenakan terhadap impor produk canai ini terjadi berdasarkan hasil penyelidikan Komite Anti Dumping Indonesia yang membuktikan industri industri dalam negeri belum sepenuhnya pulih dari kerugian yang dialami akibat adanya praktik dumping produk canai lantaian dari besi atau baja bukan paduan yang disepuh atau dilapisi dengan timah dari China, Korea, dan Taiwan yang terus berlanjut sehingga biaya antidumping harus diterapkan. 

Selain itu, BMAD ini diterapkan terhadap barang-barang yang menyebabkan kerugian bagi Negara Indonesia. Canai yang diimpor dengan lebar 600 m atau lebih,disepuh atau dilapisi timah, dengan ketebalan kurang dari 0,5 m, yang termasuk pos tarif 7210.12.10 dan 7210.12.90 akan dikenakan BMAD. 

Beberapa negara dan perusahaan yang dikenakan BMAD adalah China, Korea, dan Taiwan dengan rata-rata pajak sebesar 4,4 persen dan paling tinggi yakni 7,9 persen. 

Pengenaan BMAD yang sudah diatur adalah tambahan dari bea masuk umum atau bea masuk preferensi berdasarkan perjanjian atau kesepakatan internasional. 

Besaran BMAD yang dikenakan pada barang impor canai lantaran dari besi atau baja bukan paduan yang disepuh atau dilapisi timah yang ditetapkan oleh kantor pabean tempat penyelesaian kewajiban pabean. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:45
01:09
02:12
02:22
01:17
04:03
Viral