Jokowi Ungkap Strategi Indonesia Jadi Negara Maju: Hilirisasi Picu Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi.
Sumber :
  • ANTARA

Jokowi Ungkap Strategi Indonesia Jadi Negara Maju: Hilirisasi Picu Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi

Selasa, 8 Oktober 2024 - 11:14 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jokowi menyebut beberapa hal yang menjadi modal penting untuk menjadi negara maju. Menurutnya, hilirisasi dan digitalisai menjadi modal penting Indonesia mencapai target tersebut.

“Pertama, hilirisasi menjadi sangat penting. Digitalisasi juga sangat penting,” paparnya.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan pentingnya data center dan data analytic. Hal yang penting lainnya adalah infrastruktur digital. Ia mengungkapkan perkembangan hilirisasi di Indonesia sangat menggembirakan. 

“Barang-barang berbahan dasar nikel sudah kita produksi. Terjadi lompatan sangat besar sekali dalam industri berbahan dasar nikel. Kita tak lagi mengekspor nikel dalam bentuk bahan mentah,” imbuhnya.

Jokowi juga mencontohkan pembangunan smelter tembaga. “Saya baru-baru ini meresmikan dua smelter tembaga yang produksinya tentu bisa meningkatkan nilai tambahnya,” paparnya. 

“Smelter milik PT Amman Mineral mengolah konsentrat tembaga sebanyak 900.000 ton dengan investasi Rp 21 triliun. Sementara smelter milik PT Freeport Indonesia mengolah 3 juta konsentrat tembaga dengan nilai investasi Rp 56 triliun. Kalau ini bisa direalisasikan lompatan nilainya akan terlihat sekali daripada hanya mengekspor bahan mentah,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyatakan soal pembangunan smelter bauksit milik PT Mind ID di Mempawah, Kalimantan Barat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:45
01:09
02:12
02:22
01:17
04:03
Viral