Pernah Jadi Mendag, Enggartiasto Lukita Ungkap Kebijakan Jokowi Kendalikan Harga Pangan.
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presien

Pernah Jadi Mendag, Enggartiasto Lukita Ungkap Kebijakan Jokowi Kendalikan Harga Pangan: 3 Tahun Berturut-turut Ketersediaan Bahan Pokok Teratasi

Selasa, 8 Oktober 2024 - 12:30 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Executive Chairman B-Universe Enggartiasto Lukita mengungkap pengalamannya saat menjadi Menteri Perdagangan periode 2016-2019 era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, mendapat kepercayaan sebagai pembantu presiden merupakan penghargaan yang luar biasa. 

"Di satu sisi kepercayaan presiden adalalah penghargaan yang luar biasa, tetapi di saat yang sama ada taggung jawab dan kerja keras yang tak kalah luar biasa," kata Enggar dalam BNI Investor Daily Summit 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Namun di saat yang sama ada tanggung jawab dan kerja keras yang tak kalah besar. Ia merasa harus bekerja lebih baik karena melihat kinerja Jokowi terutama jika menyangkut hajat orang banyak

"Tidak ada waktu istirahat sedikit pun. Mengapa? Karena atasannya Jokowi yang bekerja tak kenal waktu, sangat detai dan menguasai persoalan, apalagi urusan yang menyangkut hajat hidup orang banyak," ujarnya.

Enggar lalu menceritakan bagaimana harga bahan pokok melambung tinggi saat ia menjabat. Karena seringnya terjadi lonjakan harga bahan pokok, hal tersebut mulai dianggap normal. Padahal, lanjut dia, persoalan tersebut memberatkan masyarakat. 

"Pada saat memulai menjabat menteri perdagangan, gejolak harga bahan pokok adalah headline media sehari-hari. Apalagi menjelang ramadhan dan lebaran. Saking seringnya, lonjakan harga dianggap normal, padahal itu sangat memberatkan masyarakat," ujarnya.

Mengatasi hal tersebut, lanjut Enggar, Jokowi pun segera mengadakan rapat terbatas (ratas). Presiden memberi perintah bahwa harga bahan pokok harus tersedia sampai seluruh pelosok Indonesia dan harga harus turun apapun caranya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:03
04:45
01:09
02:12
02:22
01:17
Viral