Ilustrasi - Melalui tol laut dan jembatan udara, Gerai Maritim sukses turunkan harga barang pokok di daerah terpencil dalam 10 tahun terakhir..
Sumber :
  • Istimewa

Ekonomi Daerah Terdongkrak! Tol Laut dan Jembatan Udara Ubah Peta Harga di Indonesia, Moga Simatupang: Gerai Maritim Turunkan Disparitas

Selasa, 8 Oktober 2024 - 20:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Program Gerai Maritim yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan telah berhasil meningkatkan konektivitas logistik di seluruh Indonesia.

Program ini juga memainkan peran besar dalam menurunkan harga barang di luar Pulau Jawa selama satu dekade terakhir, mulai dari 2015 hingga 2024.

Pengaruhnya sangat terasa dengan penurunan harga rata-rata barang kebutuhan pokok, barang penting, serta barang lainnya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Moga Simatupang, menyatakan bahwa Gerai Maritim yang memanfaatkan tol laut dan jembatan udara berhasil menurunkan harga barang lebih baik dibandingkan jalur komersial.

"Melihat hal tersebut, Gerai Maritim telah menjadi aspek penting dalam memperkuat logistik nasional,” kata Moga dalam keterangan yang diterima, Selasa (8/10/2024).

Ia menambahkan, program ini sangat membantu dalam menghubungkan logistik di wilayah Indonesia bagian timur, tengah, dan barat.

Selain itu, Moga menekankan efektivitas Gerai Maritim dapat dilihat dari penurunan disparitas dan peningkatan stabilitas harga kebutuhan pokok selama sepuluh tahun terakhir.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:19
02:59
02:36
20:40
01:05
03:15
Viral