Bank Jatim (BJTM) Siap Akuisisi Bank Banten (BEKS)..
Sumber :
  • Istimewa

Setelah Bank NTB Syariah, Bank Jatim Siap Akuisisi Bank Banten dengan Caplok 476 Juta Saham: Ada Rencana Besar KUB

Jumat, 11 Oktober 2024 - 20:40 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) alias Bank Jatim sedang merencanakan negosiasi untuk mengambil alih sebagian saham PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (BEKS).

Melalui keterangan resminya, Bank Jatim menyampaikan bahwa jumlah saham yang akan diakuisisi mencapai 476.190.476 unit dari modal yang dimiliki oleh BEKS. 

Saat ini, negosiasi yang masih berlangsung mencakup diskusi mengenai nilai akhir dari akuisisi tersebut, termasuk kapan proses penyelesaian ini akan dilakukan oleh kedua  belah pihak.

Direksi Bank Jatim menjelaskan, saat ini pihaknya belum memiliki kepemilikan saham di BEKS, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Akan tetapi, rencana akuisisi ini adalah bagian dari strategi pembentukan Kelompok Usaha Bank (KUB) yang bertujuan untuk memenuhi modal inti minimum sebesar Rp3 triliun bagi Bank Pembangunan Daerah (BPD), dengan tenggat akhir tahun ini.

"Dengan masuknya BEKS dalam KUB Perseroan, maka Perseroan yang akan menetapkan pengelolaan dan/atau kebijakan BEKS yang berada dalam KUB Perseroan," jelas Direksi BJTM pada keterbukaan informasi yang dirilis Jumat (4/10/2024).

Dalam skema ini, setiap bank anggota KUB hanya perlu memiliki modal inti Rp1 triliun, sementara bank induk akan bertanggung jawab atas operasional dan keberlangsungan anggota KUB tersebut.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
07:09
03:29
03:25
01:03
03:12
Viral