Deputi Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin, menjawab soal usulan penyediaan avtur oleh swasta..
Sumber :
  • tvOnenews.com/Rilo Pambudi

Soal Rencana Tekan Harga Tiket Pesawat, Ini Jawaban Kemenko Marves Tentang Usulan Multi Provider Avtur

Jumat, 11 Oktober 2024 - 23:03 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemerintah sedang mengkaji kemungkinan pelibatan perusahaan swasta dalam penyediaan bahan bakar avtur untuk pesawat.

Deputi Transportasi dan Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Rachmat Kaimuddin, mengatakan hal ini direncanakan akan dibahas lebih lanjut dengan BPH Migas pada pekan depan.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk mencegah praktik monopoli dan menekan harga tiket pesawat yang semakin mahal.

Hal tersebut disampaikan terkait surat yang dikirimkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam surat tersebut, Kemenhub memberikan saran untuk menggunakan multi provider dalam penyediaan avtur, yang dianggap bisa menciptakan persaingan sehat dan mengurangi harga avtur. Harapannya, hal ini dapat membantu menurunkan harga tiket penerbangan.

"Tapi meeting waktu itu memang kan udah kita bilang kan, kita mau liat ya, dan so far multi provider avtur itu secara regulasi udah diperbolehkan, tapi mungkin kita perlu lihat kenapa hari ini impact-nya belum sebesar apa yang kita pikir, seperti itu," ujar Rachmat di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Jumat, (11/10/2024).

Saat ini, penyediaan avtur oleh multi provider menghadapi beberapa tantangan. Salah satu kendala utamanya adalah banyaknya jumlah bandara di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah, sehingga ada kesenjangan harga avtur antar wilayah.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:21
02:29
04:33
02:43
01:01
05:04
Viral