Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, saat peresmian Model Pengembangan Kawasan Berbasis Pemanfaatan Hasil Sedimentasi di Perairan Morodemak, Demak, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Dok. KKP

Morodemak Dibangkitkan Lagi! KKP Terapkan Model Rehabilitasi Kawasan dengan Memanfaatkan Hasil Sedimentasi Laut

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 16:29 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono baru saja meresmikan pengembangan kawasan berbasis pemanfaatan hasil sedimentasi laut di Morodemak, Demak, Jawa Tengah.

Program ini bertujuan untuk memulihkan lingkungan pesisir yang terdampak sedimentasi sambil meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Peluncuran ini dilakukan pada Jumat, 11 Oktober 2024, dan merupakan bagian dari implementasi kebijakan pemerintah untuk menjaga ekosistem laut.

Menteri Trenggono menjelaskan bahwa pengembangan kawasan ini adalah wujud dari Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

"Peraturan Pemerintah ini adalah rule-based untuk mengelola hasil sedimentasi di laut agar tidak menurunkan daya dukung ekosistem pesisir dan laut, sekaligus memberi dampak positif dari aspek ekologi serta manfaat ekonomi," kata Menteri Trenggono dalam keterangan yang diterima, Sabtu (12/10/2024).

Dalam pengelolaan sedimentasi, KKP telah menetapkan beberapa lokasi prioritas dan menyusun rencana detail untuk tindakan rehabilitasi.

Kawasan yang terdampak sedimentasi parah harus segera ditangani untuk menjaga ekosistem pesisir tetap berfungsi. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:08
03:56
01:30
05:59
02:12
01:35
Viral