Dirjen Aptika Kemenkominfo Hokky Situngkir saat menyaksikan salah satu gim yang ditampilkan pada booth pameran Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (12/10/2024).
Sumber :
  • Antara

Industri Game Online Indonesia Siap Jadi Kekuatan Ekonomi Baru, Kemkominfo Ungkap Pasar eSports RI Nilainya Tembus Miliaran Dolar

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 17:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan industri game online sebagai salah satu kekuatan ekonomi Indonesia dengan memanfaatkan dominasi pasar Asia Tenggara. 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo, Hokky Situngkir, mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini menjadi salah satu pasar game terbesar di Asia Tenggara.

Meski demikian, potensi industri game di Indonesia baru mulai digali sepenuhnya. 

Pada tahun 2023, industri game di Indonesia berhasil membukukan pendapatan lebih dari 1,6 miliar dolar AS.

Menurut Hokky, angka ini menunjukkan bahwa sektor ini game/gim ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi kekuatan ekonomi nasional. 

Selain itu, dari total penduduk Indonesia, sekitar 55,6% bermain game, dan lebih dari 35 juta di antaranya merupakan gamer online aktif.

Hal ini menandakan bahwa game telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:25
02:09
03:18
02:21
03:11
02:06
Viral