Mentan Targetkan RI Swasembada Pangan dalam 3 Tahun: Kita Akan Jadi Lumbung Pangan Dunia.
Sumber :
  • ANTARA

Mentan Targetkan RI Swasembada Pangan dalam 3 Tahun: Kita Akan Jadi Lumbung Pangan Dunia

Minggu, 13 Oktober 2024 - 08:15 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menargetkan Indonesia akan swasembada pangan dalam tiga tahun ke depan.

Hal ini dilakukan dengan melibatkan petani muda melalui pertanian modern dan inovatif untuk meningkatkan produksi serta ketahanan pangan nasional.

"Sudah 11 bulan kami keliling Indonesia untuk memastikan pangan kita aman, mimpi kita paling lambat 3 tahun ke depan Indonesia akan swasembada pangan. Bahkan, kita akan menjadi lumbung pangan dunia nantinya," kata Amran, dikutip Minggu (13/10/2024).

Menurutnya, peran petani muda sangat penting dalam mendorong swasembada pangan di Indonesia. Karena itu, Amran menghibahkan alat pertanian modern kepada para petani generasi milenial dan Gen Z tersebut. Jumlah anak muda yang menerima hibah ini ditargetkan mencapai 50 ribu orang. 

"Kami menyiapkan untuk generasi milenial, generasi Z akan turun ke lapangan, gunakan teknologi tinggi mesin pertanian. Kemudian milenial minimal berpendapatan 10juta/bulan. Kemudian dia bekerja dengan menggunakan teknologi tinggi membantu petani kita," tuturnya.

Dia mengimbau petani merevolusi sektor pertanian Indonesia dengan menerapkan teknologi dan mekanisasi dalam seluruh prosesnya untuk menuju pertanian modern.

"Ini adalah tantangan besar, tetapi dengan kerja keras dan inovasi, kita optimis bisa mencapainya," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:32
03:15
08:50
01:16
09:40
01:10
Viral