Makan Bergizi Gratis Butuh Anggaran Rp71 Triliun, Prabowo Diminta Tiru Skema Program Kartu Prakerja.
Sumber :
  • ANTARA

Makan Bergizi Gratis Butuh Anggaran Rp71 Triliun, Prabowo Diminta Tiru Skema Program Kartu Prakerja

Kamis, 17 Oktober 2024 - 09:49 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Presiden Direktur PT Visionet Internasional (OVO) Karaniya Dharmasaputra, mengusulkan program makan bergizi gratis yang menjadi program prioritas pemerintahan Prabowo-Gibran mengadopsi model yang digunakan Kartu Prakerja.

Model yang dimaksud yaitu dengan menggunakan skema kemitraan publik hingga swasta serta pemanfaatan ekosistem teknologi digital seperti program Kartu Prakerja. 

"Saya pikir, kalau kita kembali mengadopsi model seperti Prakerja, yang mana memungkinkan skema kemitraan publik-swasta, kemudian memanfaatkan teknologi dan ekosistem digital yang sudah dimiliki oleh ekosistem sektor swasta kita, saya pikir itu akan sangat membantu keberhasilan program ini (makan bergizi gratis)," kata Karaniya, Kamis (17/10/2024).

Menurutnya, target penyaluran makan bergizi gratis kepada 15 juta anak memiliki tantangan besar. Salah satunya adalah terbatasnya ruang fiskal pemerintah dengan anggaran yang dialokasikan dari APBN 2025 sebesar Rp71 triliun.

Dengan keterbatasan tersebut, tantangan utama yang dimiliki program Makan Bergizi Gratis yaitu bagaimana memastikan tata kelola yang baik serta memitigasi adanya korupsi.

Ia menyoroti beberapa alasan mengapa pemanfaatan teknologi dan tata kelola Prakerja cocok untuk diterapkan ke dalam program Makan Bergizi Gratis.

Pertama, implementasinya memerlukan kesiapan teknologi yang sudah matang. Pemanfaatan ekosistem teknologi dapat dimanfaatkan untuk sistem pelaporan, wadah bagi umpan balik hingga mencegah adanya praktik korupsi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:22
01:05
01:58
01:44
01:37
07:27
Viral